Belajar MySQL


Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. onsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan.Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level):
# Microsoft SQL Server
# Oracle
# Sybase
# Interbase
# XBase
# Firebird
# MySQL
# PostgreSQL
# Microsoft Access

# dBase III
# Paradox
# FoxPro
# Visual FoxPro
# Arago
# Force
# Recital
# dbFast
# dbXL
# Quicksilver
# Clipper
# FlagShip
# Harbour
# Visual dBase
# Lotus Smart Suite Approach

Untuk kali ini, saya akan sedikit membahas asalah satu perangkat database, yaitu MySQL(klik untuk download MySQL).MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Langsung saja ke prakteknya, silakan download dulu jika belum punya MySQL di komputer Anda.
Setelah download, tinggal di install. Saat akhir penginstalan nanti, akan ada isian untuk mengisi password, silakan isi pasword terserah Anda yang penting dapat diingat. Atau mungkin jika takut lupa, tidak diisi pun tak apa.
Untuk memulai :
Click Start-program-MySQL-MySQL Server 5.1-MySQL Command Line.


Untuk login tinggal masukkan password yang telah dibuat tadi. Jika tadi tidak mengisikan password, maka tinggal tekan enter saja.


Untuk melihat database yang telah dibuat, ketikkan show databases; defaultnya akan muncul 3 database, yaitu information_schema, mysql, dan test.


Untuk membuat database baru, perintah yang dituliskan adalah create database nama_database; misalnya create database perpus;

Database baru dengan nama perpus telah berhasil dibuat.

<----Bersambung---->

0 komentar:

Posting Komentar

/
Related Posts with Thumbnails
Jika anda sudah memiliki account Facebook, Klik "Connect", Jika belum memiliki account Facebook, Klik "Sign Up"
Widget by: Facebook Develop by: aulia Thank's to: imanlinuxer Posted by: yahya
 

iklan

iklan

iklan

© Grunge Theme Copyright by octoph's files | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks